Kamis, 24 Maret 2011

Pengertian ISP



1. Pengertian ISP
ISP (Internet Service Provider) yang dalam istilah Indonesia adalah Penyedia Jasa Internet, yakni suatu lembaga atau perusahaan yang menghubungkan komputer pengguna dengan internet. Kebanyakan operator telekomunikasi adalah ISP, jasa yang disediakan seperti transit internet, registrasi nama domain dan hosting, akses dial-up internet dll.
Menarik melihat perkembangan ISP di Indonesia. Setelah dilanda "krismon" yang banyak mendera sektor HighTech- yang notabene semuanya Import, ISP lokal satu-persatu mulai menghitung-hitung kembali pada titik/biaya dan skala bisnis berapa dia reasonable untuk beroperasi. Komponen cost yang cukup besar bagi ISP tentunya biaya infrastruktur, biaya telekomunikasi (backbone), dan biaya Internet Access ke Global ISP. Biaya ini berkisar puluhan atau ratusan juta rupiah yang tentu saja harus dikeluarkan setiap bulannya. Banyak jurus-jurus yang dikerluarkan, salah satunya mungkin menganti "Upstream" provider, atau berkoalisi dalam konsorsium. Banyak beredar "isyu" bahwa beberapa ISP- yang belum tentu benar, secara diam- diam menurunkan kapasitas backbonenya ke Global ISP, saat harga dollar terhadap rupiah gonjang-ganjing. Tentu saja disini pelanggan (baik corporate ataupun retail) tidak punya kemampuan untuk tahu permasalahan tersebut. Hal ini memang disebabkan oleh dua hal: (1) Memang tidak ada tools secara langsung untuk mengetahui itu, dan (2) ISP juga tidak akan mau memberitahu hal tersebut kepada pelanggannya. Yang jelas jika ISP menurunkan kapasitas backbonenya, dan itu menyebabkan dia overload (utilisasi backbone lebih dari 90% pada peak time), maka bagi pelanggan (yaitu Anda sendiri) efek yang dirasakan adalah lambatnya akses internet. Memang hal ini tidak bisa digeneralisir, karena Internet merupakan suatu mata rantai antara ratusan atau ribuan Router. Jadi jika akses internet Anda lambat bisa juga karena link Anda ke ISP sudah overload, ISP Anda ke Global ISP overload, atau situs yang dituju memang overload.
Dimulai pada dekade 90-an perkembangan Internet semakin berkembang pesat, di Indonesia sendiri bisnis Internet mulai dikenal sekitar tahun 95-an yang diawali dengan munculnya Internet Service Provider yang menyediakan akses ke Internet dengan bandwidth berkisar antara 14.4 kbps hingga 28.8 kbps. Hingga akhir tahun 1999 daftar ISP di Indonesia baik yang sudah beroperasi maupun belum beroperasi sekitar 55 ISP, tapi saat ini di tahun 2001 ini jumlah ISP secara keseluruhan yang tercatat di Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sudah menginjak angka 155 ISP. Bisnis ISP memilik prospek yang bagus. Saat ini semua bisnis yang berbasis Internet tidak akan berkembang apabila infastruktur dan koneksi ke Internet tidak dibangun terlebih dahulu.
2. Prosedur berlangganan
Pelanggan yang berlangganan dengan sebuah ISP harus mengikuti aturan-aturan berlangganan yang ditetapkan oleh ISP tersebut. Biasanya masing-masing ISP memiliki kebijakan-kebijakan tersendiri namun pada umumnya ISP-ISP tersebut melarang pelanggan untuk menggunakan koneksi internet untuk keperluan-keperluan yang negative dan melanggar hukum. Kita mungkin sudah kenal dengan Telkomnet instant, produk layanan internet ini adalah salah satu produk internet yang sudah cukup lama hadir di masyarakat. Pemakai sangat gampang dalam melakukan koneksi ke internet, cukup sediakan sebuah modem yang terhubung ke PC dan line telepon, pelanggan langsung bisa melakukan koneksi dengan mudah, cukup dial nomer tertentu masukkan username dan password, beres?
3. Tipe layanan dari ISP biasanya dapat kita kategorikan menjadi 2 bagian yaitu
1. Dial on demand Internet
Dial on demand ini adalah layanan internet dimana pelanggan tidak terkoneksi secara terus menerus ke internet. Pelanggan akan dibebani biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke internet. Dedicated Internet

2. Dedicated Internet
Pelanggan yang menggunakan dedicated internet akan terhubung terus dengan internet 24/7. Sistem pembayaran dari layanan ini juga biasanya dilakukan per bulan dimana pelanggan akan membayar sesuai dengan paket yang ditawarkan, baik selama sebulan tersebut pengguna memang benar menggunakan internet 24 jam penuh atau tidak.
Sistem dedicated ini biasanya mahal, dan biasanya untuk menekan biaya langganan, ISP memberikan beberapa metode untuk menekan harga misalnya dengan membatasi jumlah data yang boleh didownload dan diupload oleh pelanggan selama 1 bulan. Jumlah batasan data ini biasanya disebut dengan quota. Contoh layanan internet dedicated internet adalah layanan-layanan dari Channel 11, ERA AKSES, Speedy dari Telkom dan layanan-layanan dari ISP wireless local.

4. Isi dari ISP
ISP itu isinya adalah orang dan peralatan-peralatan yang diperlukan untuk memberikan service koneksi internet kepada pelanggan-pelanggannya Peralatan-peralatan tersebut biasanya berupa server, router, peralatan- peralatan untuk koneksi ke pelanggan-pelanggannya dan peralatan-peralatan interkoneksi mereka ke upstream. Biasanya ISP bekerja sama dengan operator jaringan dalam menjalankan usahanya. Jadi ada juga ISP yang tidak memiliki peralatan jaringan. Mereka hanya punya SDM untuk penjualan, customer support dan billing atau penagihan. Sisanya, mulai bandwidth, system jaringan, diserahkan kepada operator jaringan. Misalnya saya adalah sebuah ISP bekerja sama dengan pemilik jaringan telepon untuk membuat system koneksi internet dial up. Saya juga membeli bandwidth dari pemilik jaringan telepon tersebut dan saya terima beres semuanya. Setelah itu saya tinggal menjual produk internet dial up tersebut, menyediakan system customer support dan menangani pembayaran.
5. ISP yang bagus :

a. Pelanggannya banyak
Sebuah ISP dengan ratusan pelanggan, mestinya secara kualitas lebih baik dibanding ISP yang masih memiliki puluhan pelanggan. Sebab ngga mungkin donk ratusan orang salah pilih. Dan kesempatan calon pelanggan untuk bertanya kepada pengguna ISP tersebut juga semakin gampang. Malah bisa jadi teman anda sudah menggunakannya.
 Kan lebih enak kalau kata ISP tersebut bagus atau tidak keluar dari teman yang bisa kita percaya. Jadi pertanyaan calon pengguna internet kepada bagian marketing atau sales dari sebuah ISP adalah :

b. Service.
ISP dan jaringan computer yang saling berkaitan pada dasarnya dibangun pada sebuah system yang tidak reliable. Masalah pada koneksi internet itu sangat lumrah terjadi. Bencana alam, kesalahan manusia, umur peralatan, kesalahan manusia saat mengoperasikan peralatan, listrik dsb bisa menyebabkan koneksi internet pelanggan mati. Jadi pastikan saat anda mengalami masalah dengan internet anda mempunyai tempat untuk berkonsultasi. Setidaknya anda tahu nanti masalah terjadi dimana dan kira- kira kita harus bagaimana sekarang untuk bisa mendapatkan koneksi internet lagi. Ini penting bagi anda-anda yang awam dengan internet dan orang-orang yang menggunakan internet 24 jam sehari.
c. Mempunyai system redundancy.
Bahasa awamnya adalah system koneksi cadangan. Dimana koneksi ini akan berfungsi jika koneksi utama mereka mati. Sangat penting, seperti kondisi saat kabel FO dunia di Taiwan putus, kalau ISPnya tidak memiliki koneksi cadangan yang bagus, maka dipastikan selama 3 minggu koneksi anda tidak akan bisa digunakan.
d. HargaSudah cukup standar dimana umumnya internet paling murah itu
Harga sebanding dengan bandwidth atau kecepatan internet. Semakin murah, semakin kecil kecepatannya. Kita tidak perlu berargumen banyak dalam hal ini sebab, fakta secara teknis memang begitu.
6. Perusahaan ISP terbessar
PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom Indonesia atau Telkom saja) (IDX: TLKM LSE: TKID NYSE: TLK) adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 50 juta.
Telkom merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (51,19%) dan oleh publik sebesar 48,81%. Sebagian besar kepemilikan saham publik (45,58%) dimiliki oleh investor asing, dan sisanya (3,23%) oleh investor dalam negeri. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 9 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).
Presiden direktur Telkom saat ini adalah Rinaldi Firmansyah yang menggantikan Arwin Rasyid pada 28 Februari 2007.
PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
TelkomIndonesia.png
Informasi & Komunikasi
Didirikan
23 Oktober 1856
(diluncurkan kembali tanggal 23 Oktober 2009)
Kantor pusat
Kantor Pusat di Bandung,Jawa Barat Indonesia
Tokoh penting
Telepon Tetap,Seluler,Aplikasi, Content dan Datacom, Properti dan Konstruksi
Green up.pngIDR 64,597 miliar (2009)


7.  Perusahaan ISP Tercepat
Speedy adalah layanan akses internet end-to-end berkecepatan tinggi dari PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (PT. TELKOM), berbasis teknologi akses Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang memungkinkan terjadinya komunikasi data dan suara secara bersamaan (simultan) melalui satu saluran telepon biasa (pada media jaringan akses kabel tembaga).
Tidak seperti layanan akses internet dial-up (seperti TelkomNet Instan), dengan mempergunakan Speedy, saluran telepon tetap dapat dipergunakan untuk menelepon bersamaan dengan akses internet. Untuk dapat menikmati fasilitas saluran telepon dan internet secara simultan, pelanggan Speedy harus mempergunakan splitter yang dapat memisahkan saluran telepon dan saluran modem. Splitter ini biasanya sudah tersedia dalam paket penjualan modem ADSL.
Speedy memberikan koneksi ke internet yang lebih cepat dibanding menggunakan layanan dial-up biasa. Koneksi Speedy memiliki kecepatan mengunduh (downstream) hingga maksimal 3 Mbps[1] dan kecepatan mengunggah (upstream) mencapai maksimal 128 Kbps. Layanan dial-up hanya memberikan kecepatan maksimal 56 Kbps.
Sebagai ilustrasi, untuk mengunduh file sebesar 10MB, Sahabat Speedy akan memerlukan waktu kurang dari 4 menit dengan mempergunakan Speedy (ADSL), dan akan memerlukan waktu sekitar 25 menit dengan dial-up (waktu di sini adalah estimasi, dengan asumsi bahwa kecepatan maksimal masing-masing layanan tercapai).

Domain Network
ACCES.NET                          Jakarta Selatan            (021) 526 8777
BIT.NET                                 Jakarta Pusat               (021) 3903939
CBN.NET                               Jakarta Pusat               (021) 57994588
CENTRIN.NET                      Bandung                     (022) 4220818
CENTRAL.NET                     Jakarta Pusat               (021) 23550170
MELSA.NET                          Bandung                     (022) 4209418
MITRA.NET                          Surabaya                     (031) 8415678
PACIFIC.LINK                     Jakarta                         (021) 5262627
COMNET.NET                      Jakarta Timur              (021) 4756788
SPEED.NET                           Jakarta Pusat               (021) 3900828
THE.NET                                Jakarta Selatan            (021) 5269988
NUSA.NET                            Medan                         (061) 4158806
PATRA.NET                          Jakarta Pusat               (021) 3521915
NAWALA.NET                     Jakarta Selatan            (021) 5157768
PRO.NET                               Bandung                     (022) 4218585
UII.NET                                 Yogyakarta                 (0274) 555888
NANGURA.NET                   Makasar                       (0411) 855028
KABELVISION.NET                       Jakarta Selatan            (021) 5278811
MEGHANTARA.NET          Jakarta Timur              (021) 6328880
NAP.NET                               Jakarta Selatan            (021) 2528888
QITA.NET                              Jakarta Selatan            (021) 5202434
TERAS.NET                           Bandung                     (022) 4207738
CHOICE.NET                        Jakarta Utara               (021) 45845560
BOLEH.NET                          Jakarta Selatan            (021) 5269559
CITRA.NET                           Jogyakarta                   (0274) 554444
STARCALL.NET                  Jakarta Pusat               (021) 3913388
BLUELINE.NET                   Kuta – Bali                  (0361) 769355
CEPAT.NET                           Jakarta                         (021) 3157533
MDP.NET                               Palembang                   (0711) 313626
MELESAT.NET                     Jakarta                         (021) 3929925
 EAZY.NET                           Bandung                     (022) 7230819
TELKOMVISION.NET        Jakarta                         (021) 2525789
ANGKASA.NET                   Jakarta                         (021) 5202876
 INOVA.NET                                     Jakarta Utara               (021) 65302867
KS.NET                                  Jakarta Selatan            (021) 7269450
INTERNUX.NET                  Makasar                       (0411) 834690
OLAMI.NET                          Gorontalo                    (0435) 830349
GPN.NET                               Jakarta                         (021) 52900688
DTP.NET                                Surabaya                     (031) 5344861
QUASAR.NET                      Bandung                     (022) 7302188
JOGJAMEDIA.NET              Yogyakarta                 (0274) 544000
CSM                                        Jakarta                         (021) 5700194
TOGLOBE.NET                    Bandung                     (022) 4262075
EZ.NET                                  Jakarta Barat               (021) 56967390
TOP.NET                                Jakarta                         (021) 3912277
LC.NET                                  Jogjakarta                    (0274) 481010
VIP.NET                                 Jakarta Selatan            (021) 83700579
ENCIETY.NET                      Surabaya                     (031) 5491229
PADI.NET                              Surabaya                     (031) 5616330
KAWANUANET.NET          Manado                       (0431) 862500
THC.NET                               Jakarta                         (021) 5208325
DHECYBER.NET                 Jakarta                         (021) 5275682
SATNETCOM                        Balikpapan                  (0542) 875570









DAFTAR PUSTAKA











Created by:
Warapsari Anindita

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar